Tugas 2

 

Karangan dalam bentuk eksposisi (argumentatif)

Harga Cabai Yang Melonjak Naik

Harga cabai disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Semarang saat ini mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, kenaikan harga cabai galak atau cabai setan mencapai 100 persen dibanding harga yang berlaku saat Lebaran.Berdasarkan pantauan di Pasar Bandarjo Ungaran, Sabtu (15/8/2015), harga cabai setan Rp 53.000, naik lebih dari 100 persen dari harga cabai saat lebaran lalu sebesar Rp 25.000. Seorang pedagang sayur di Pasar Bandarjo, Rahma (60) mengaku, meski harga cabai naik, namun tidak diikuti kenaikan komoditas sayuran lainnya. “Sayuran lain tetap normal. Seperti kentang masih sama saat Lebaran, sekitar Rp 10 ribu per kilogram, juga tomat, sekitar Rp 8.000 per kilogram,” jelasnya. Rahma mengaku tidak mengetahui secara persis penyebab kenaikan harga cabai galak ini. Dirinya hanya menyesuaikan harga dari pemasok sayuran asal Magelang. Menurut Rahma, fluktuasi harga cabai memang kerap terjadi. Hanya saja, kenaikan harga saat ini diakui tergolong tinggi.

Disaat menjelang hari raya kebutuhan pokok yaitu cabai yang sangat digemari oleh berbagai kalangan itulah salah satu yang di cari oleh orang-orang maka dari itu pedagang memanfaatkan menaikan harga cabai hingga melebihi 100 persen ,dari akal pedagang menaikan harga cabai karena itu masyarakat terpaksa membeli cabai tersebut karena membutuhkan untuk berbagai masakanya yang akan di sajikan di hari raya tersebut.

Sebaiknya pedagang tersebut tidak boleh sewenang-wenang menaikan harga cabai tersebut karena merugikan masyarakat banyak, jika pedagang ditanya “kenapa harga cabai sangat mahal sekali?” pedagang pasti akan menjawab cabai lagi susah dan juga harga BBM sangat mahal maka dari itu pedagang akan menyalahkan kembali ke pemerinta maka dari itulah harga cabai mahal dan juga bila pemerintah memberikan kebijakan kepada pedagang dengan menurunkan BBM terkadang masig ada saja pedagang yang enggan menurunkan harga dagangan itu sendiri.

Jadi sebaiknya pedagang harus menyadari bahwa perlakuanya tersebut merugikan orang banyak.maka dari itu janganlah pedagang menyalahkan pemerintah sebagai penyebab naiknya harga-harga cabai dll.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s